Monday, November 1, 2010

Do We Need Premarital Check Up?

Sekarang ini tiap online pasti langsung buka forum female daily dan cek thread-thread yang ada di bagian The Wedding Bells. Dulu sih suka ke thread di weddingku juga, tapi ntah kenapa koq berasa agak ribet ya, lebih enakan di female daily *anw, it's personal opinion ;)*..Tadi begitu mampir ke thread ini ternyata para capeng lagi membahas tentang premarital check up.

Bagusnya check up itu dilakukan 6 bulan sebelum hari H atau minimal 3 bulan lah. Nah gw?acara udah tinggal satu bulanan lagi tapi sama sekali belum melakukan premarital check up dan bahkan tidak berpikir untuk melakukannya..parah yaa gw..hahaha

Sebenarnya gw sangat menyadari akan pentingnya check up dan pas masa-masa awal persiapan nikah, gw juga udah ngomong sih ke delon tentang check up ini. Mau tau tanggapannya?seingat gw saat itu dia bilangnya "buat apa sih?trs nanti klo ternyata ada apa2 gimana?yang ada malah jadi pikiran sendiri. mending duitnya dipake buat yang lain karena kebutuhan lainnya emang banyak".

Sepertinya memang saat ini premarital check up belum membudaya di masyarakat Indonesia. Nyokap dan kk' spupu gw yang dokter saja bahkan ga terlalu menyarankannya. Dia malah bilang "ya kalo emang udah kena sih mau diapain juga pasti kena. yang penting doa aja laah"..hahaha, bayangkan!! seorang dokter aja ngomongnya gitu, bikin shock yang denger..tapi ya dia bilang sih kalau emang mau check up lebih bagus, tapi memang bukan keharusan, jadi klo ga check up ya gpp juga.

Dan yaa akhirnya memang premarital check up ga masuk dalam list wedding preparation gw. Permasalahannya adalah ada info pas ngurus surat-surat di KUA, calon pengantin wanitanya harus sudah diimunisasi Tetanus Toxoid. Dan seingat gw, gw belum pernah imunisasi itu. Dan untuk yang satu itu kayaknya memang mesti dilakukan ya. Bisa dibilang sih sebenarnya gw cukup dag dig dug juga kalau ternyata nantinya ada virus-virus apa gitu ditubuh gw atau cami *naudzubillahiminzalik*..Yaa mudah-mudahan aja ga ada virus apa-apa dan Allah SWT memberikan kesehatan ke gw dan cami :)..

Walaupun gw dan cami tidak melakukan premarital check up gpp donk ya gw share tentang itu di blog ini. hehe. Karena sebenarnya gw sendiri menyarankan kalian-kalian yang akan menikah untuk melakukan itu, terutama kalau memang punya budget yang lebih. Banyak yang bilang suntik-suntik vaksin sebelum menikah itu adalah investasi lho!! Mungkin pas gw nanti suntik vaksin yang Tetanus Toxoid gw juga mau sekalian nanya-nanya buat yang lainnya, siapa tau masih belum telat-telat banget. hehehe

Berdasarkan info yang gw baca dari blog ini dan buku Let's Get Married: Panduan Lengkap Menuju Resepsi Pernikahan *yang dibeli udah lama tapi jarang dibaca :p*, beberapa pemeriksaan kesehatan yang harus dilakukan calon pengantin adalah:
- Cek darah/hematologi rutin + golongan darah dan rhesus
- Urin lengkap
- HbsAg dan Anti-Hbs (hepatitis)
- VDRL (penyakit kelamin)
- Gula darah
- TORCH (khusus buat cewek) untuk ngecek ada ganya toksoplasma, rubella, cytomegalovirus, dan herpes simplex
- Ultragonografi (USG) untuk ngecek ada kista atau endometriosis atau ga
- HIV (kalau memang dirasa perlu)